Tanaman Obat Untuk Asam Urat Tinggi

Tanaman Obat Untuk Asam Urat Tinggi – Untuk Anda yang punya penyakit asam urat, maka simaklah artikel kami tentang tanaman obat asam urat yang cukup aman dan sangat ampuh berikut ini. Menderita asam urat tentu amat mengganggu kehidupan Anda, karena saat kambuh sering dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang cukup luar biasa pada bagian persendian. Penyakit asam urat ini paling banyak menyerang seseorang yang telah berusia 40 tahun ke atas, karena pada usia ini terjadi penurunan fungsi penyerapan nutrisi baik pada organ ginjal atau di bagian saluran pencernaan. Akibatnya, terdapat beberapa zat-zat yang seharusnya dibuang oleh tubuh lewat urine atau feses namun zat tersebut justru menumpuk di bagian dalam tubuh. Tak hanya faktor usia aja yang dapat menyebabkan penyakit asam urat, akan tetapi gaya hidup yang tak sehat juga bisa memicu timbulnya penyakit ini.

Penyakit asam urat adalah suatu kondisi dimana terjadi sebuah peningkatan kadar zat asam urat dalam tubuh. Penumpukan asam urat ini akibat karena adanya penumpukan zat purin yang dapat menghasilkan asam urat, yang mana jumlah yang dikeluarkan lebih kecil daripada yang diserap sehingga akan terjadi kelebihan asam urat dalam tubuh. Kelebihan asam urat ini akan terakumulasi di bagian persendian sehingga dapat menimbulkan keluhan. Asam urat umumnya membentuk seperti kristal tajam di bagian persendian sehingga dapat menimbulkan rasa sakit/nyeri yang bisa disertai dengan pembengkakan di area yang nyeri. Persendian yang seringkali merasakan nyeri  utamanya di daerah tangan dan bagian kaki.

Tanaman Obat Asam Urat untuk Pengobatan Alami

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Faktor-faktor ini antara lain usia, genetik, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin, gangguan pada ginjal, diabetes atau kencing manis, adanya tekanan darah tinggi, kurangnya aktivitas fisik / olahraga, dan banyak mengkonsumsi obat-obatan tertentu (contohnya aspirin dan obat penurun tekanan darah). Untuk dapat menyembuhkan penyakit asam urat, Anda bisa memakai tanaman obat asam urat yang cukup aman dan ampuh seperti berikut ini:

  1. Brotowali

Brotowali adalah sejenis tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan termasuk salah satu jenis tanaman obat asam urat. Cara pengolahannya cukup sederhana, Anda cuma perlu merebus daun brotowali lalu disaring untuk diambil airnya. Rasanya memang pahit, namun khasiatnya sangat ampuh untuk menurunkan asam urat. Selain dapat mengobati asam urat, brotowali juga memiliki banyak sekali manfaat antara lain untuk mengobati darah tinggi, dapat menurunkan kolesterol, mengendalikan kadar gula darah, meningkatkan imun tubuh, dan menjadikan kulit Anda senantiasa kencang dan awet muda.

  1. Kumis kucing

Mungkin selama ini anda sudah seringkali mendengar manfaat daun kumis kucing sebagai obat batu ginjal. Selain sangat ampuh untuk menghancurkan batu ginjal, rupanya kumis kucing juga termasuk tanaman obat asam urat. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita, umumnya tumbuh liar di selokan maupun di pinggir sungai. Namun setelah banyak informasi tentang khasiat tanaman ini, saat ini banyak orang yang mulai menanamnya di halaman rumah.

Tanaman kumis kucing banyak kandungan zat orthosiphonin glikosida dan diuretik sehingga dapat merangsang pengeluaran asam urat lewat urin. Selain itu pula mengandung zat sinsetin yang dapat mencegah peradangan dan infeksi pada bagian saluran kemih. Untuk bisa menyembuhkan asam urat, maka minum rebusan daun kumis kucing ini dengan teratur.

  1. Sambiloto

Sambiloto telah banyak dikenal sebagai jenis tanaman obat tradisional. Walau tanaman ini berasal dari India, akan tetapi bisa tumbuh subur di Indonesia dan tak sulit untuk menemukannya. Sambiloto juga termasuk tanaman obat asam urat yang ampuh. Seluruh bagian tanaman sambiloto bisa dipakai sebagai obat, tapi pada umumnya yang dipakai ialah daunnya. Cara mengolahnya dengan cara direbus lalu diminum air rebusannya. Zat yang terkandung dalam tanaman sambiloto antara lain yakni aldehid, flavanoid, keton, alkane, dan berbagai jenis mineral penting seperti natrium, kalium, dan kalsium.

  1. Daun salam

Dalam kehidupan kita sehari-hari, daun salam biasanya dikenal sebagai jenis bumbu dapur. Rupanya daun salam juga termasuk salah satu jenis tanaman obat asam urat. Daun salam telah dikenal memiliki bau yang harum. Cara mengobati asam urat dengan daun salam yakni dengan cara merebusnya lalu disaring untuk diambil airnya dan kemudian diminum teratur. Daun salam memiliki beberapa kandungan zat penting seperti flavanoid, tanin, dan minyak atsiri yang cukup efektif untuk menyembuhkan asam urat.

  1. Jahe merah

Tanaman obat asam urat yang selanjutnya ialah jahe merah. Tanaman ini rupanya tak hanya ampuh untuk mengobati radang tenggorokan, namun juga bisa dipakai untuk menyembuhkan asam urat. Cara mengolahnya buatlah jahe merah sebagai jenis minuman maupun yang sering dikenal dengan wedang jahe. Jahe merah berkhasiat untuk membuang asam urat yang menumpuk dan menyembuhkan peradangan di bagian sendi. Selain itu jahe merah juga sangat berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan daya tahan / imun tubuh.

  1. Teh hijau

Tanaman teh hijau tak hanya bermanfaat untuk menurunkan lemak dan kolesterol, namun juga termasuk tanaman obat asam urat. Zat penting yang terdapat dalam teh hijau antara lain ialah epigallocatechin-3-gallate, vitamin E, polifenol, vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat dan bertindak sebagai zat anti inflamasi dan mencegah peradangan sendi. Anda bisa membuat teh hijau sebagai minuman untuk dapat menyembuhkan asam urat sekaligus juga untuk mengurangi berat badan.

  1. Sidaguri

Tanaman sidaguri juga adalah salah satu tanaman herbal yang umumnya tumbuh liar dengan rerumputan. Tanaman ini rupanya juga termasuk tanaman obat asam urat karena memiliki kandungan zat alkaloid ephedrine yang bersifat diuretik. Rebus daun sidaguri bersama dengan bijinya, ambillah airnya dan minum dengan taratur untuk dapat menyembuhkan asam urat sekaligus pula untuk menyembuhkan peradangan pada bagian saluran kencing dan juga berkhasiat dalam meningkatkan stamina.

Selain dengan mengkonsumsi tanaman obat asam urat seperti yang sudah kami terangkan di atas, agar asam urat tak kambuh maka hal yang juga penting ialah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini antara lain ialah dengan melakukan olahraga teratur, kurangi makanan berlemak, jauhi alkohol, dan perbanyak konsumsi air putih. Bila Anda punya riwayat penyakit asam urat maka sebaiknya kurangilah makanan yang banyak kandungan zat purin, diantaranya jerohan, aneka macam seafood, daging merah, kacang-kacangan (melinjo, kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai), dan sayuran tertentu (daun singkong, sayur bayam, asparagus, kembang kol, daun pepaya, buncis, dan jamur kuping).

Penyakit asam urat umumnya ditandai dengan adanya nyeri di bagian persendian yang bisa disertai adanya pembengkakan. Untuk memastikan apakah menderita asam urat, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter atau dengan melakukan tes laboratorium. Pemeriksaan laborat, kadar asam urat normal untuk laki-laki dewasa yakni 3,4-7,0 mg/dl, perempuan dewasa 2,4-6,0 mg/dl, dan untuk anak-anak yakni 2,0-5,5 mg/dl. Bila dalam pemeriksaan kadar asam urat Anda melebihi batas normal maka bisa dipastikan bahwa Anda menderita penyakit asam urat. Bila Anda memiliki penyakit asam urat, maka sebaiknya segera diobati sedini mungkin. Karena selain menimbulkan berbagai keluhan nyeri, berdasar penelitian penyakit asam urat juga cukup berisiko untuk memicu terjadinya kerusakan ginjal karena penumpukan asam urat berlebih sehingga organ ginjal dipaksa untuk bekerja lebih keras.

Demikian artikel kami kali ini dan semoga bermanfaat bagi Anda.

advertisement