Manfaat dan Khasiat Tanaman Eceng Gondok serta Cirinya

advertisement

Manfaat Eceng GondokBanyak orang mungkin sudah mengenal dengan tanaman ini, tanaman yang biasa tumbuh mengapung di kolam ikan, sungai dan sebagainya, tanaman ini bernama Eceng gondok atau enceng gondok (nama latin : Eichhornia crassipes), kali ini tanaman obat akan menjelaskan tentang ciri, khasiat dan manfaatnya, yuk mari disimak yang berikut ini :

MANFAAT DAN KHASIAT ECENG GONDOK

Manfaat Eceng Gondok untuk Kesehatan
Kandungan yang terkandung dalam eceng gondok ini dapat menyembuhkan bagi orang yang sedang mengalami gangguan saat buang air kecil karena terdapat penyumbatan sehingga tak lancar. Selain itu juga, tanaman ini bisa mengobati gangguan rasa panas yang dirasakan di bagian tenggorokan.
Eceng gondok juga dapat mengobati efek gatal di kulit yang diakibatkan oleh ulat maupun hewan lainnya dan juga dapat mengatasi penyakit bisul.

Manfaat Enceng Gondok lainnya

  • Eceng gondok bisa digunakan sebagai pakan ternak (makanan itik, bebek, kambing, pakan ikan lele, dan makanan ikan nila,)
  • Eceng gondok bisa digunakan sebagai bahan bakar biogas
  • Eceng gondok bisa digunakan sebagai pupuk organik
  • Eceng gondok bisa digunakan sebagai pupuk organic
  • Eceng gondok bisa digunakan sebagai penjernih air
  • Eceng gondok bisa digunakan untuk menyerap zat logam berat
  • Eceng Gondok bisa digunakan sebagai bahan kerajinan tangan dan juga furniture yang tentunya bernilai tinggi.

CIRI-CIRI TANAMAN ECENG GONDOK

BATANG : bagian batang tidak ada, Tingginya berkisar antara 0,4 hingga 0,8 meter
DAUN : jenis daun tunggal, memiliki tangkai, tersusun secara berjejal di atas akar (roset akar), berwarna hijau, panjangnya 7 hingga 25 cm, bentuknya bulat telur (ovata), dengan ujung yang meruncing (acuminatus), pangkal yang meruncing (acuminatus), tepi yang rata (atau tidak bergerigi), permukaan yang mengkilat (nitidus), bentuk tangkai daun yang menggelembung, daunnya terbilang licin berwarna hijau.
BUNGA ; Bunga eceng gondok terbilang bunga majemuk, bentuknya bulir (spica), panjang mahkotanya antar 2 hingga 3 cm, daun mahkotanya tak berlekatan (polypetalus), bentuk kelopaknya tabung.
BUAH dan BIJI ; Buah eceng gondok memiliki bentuk kotak sejati (capsula), beruang tiga berwarna hijau, sedangkan bentuk bijinya bulat warna hitam. cara berkembang biak dengan cara Perbanyakan Generatif (biji)
AKAR ; Tanaman eceng gondok memiliki jenis akar serabut.

DESKRIPSI TANAMAN ECENG GONDOK
Tanaman enceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan air yang mengapung, tumbuh berumpun, tingginya antara 4 hingga 8 cm, dan kadangkala berakar dalam tanah, enceng gondok memiliki nama ilimiah Eichhornia crassipes

Eceng gondok untuk pertama kalinya ditemukan secara tak sengaja oleh seorang ilmuwan yang bernama Carl Friedrich Philipp von Martius, yakni seorang ahli botani yang berkebangsaan Jerman di tahun 1824 saat sedang melakukan sebuah ekspedisi di Sungai Amazon Brasil.

Eceng gondok termasuk mempunyai kecepatan tumbuh yang cukup tinggi sehingga tumbuhan ini seringkali dianggap sebagai tanaman gulma yang bisa merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dianggap pula sebagai tanaman yang dapat mengganggu ini dikarenakan pertumbuhannya yang cepat dan gampang beradaptasi baik itu di rawa, sungai, danau, maupun di selokan. Eceng gondok juga seringkali dianggap sebagai pemicu terjadinya banjir karena tanaman yang ini merambat dan seringkali menumpuk sehingga dapat mengakibatkan sampah jadi tersendat. Oleh karena itu banyak sekali masyarakat yang memilih untuk membabat habis eceng gondok dikarenakan sifatnya yang seringkali dianggap sebagai tanaman pengganggu bagi lingkungan

Pertumbuhan eceng gondok yang cepat ini, utamanya dikarenakan oleh air yang memiliki kandungan nutrien yang tinggi, utamanya yang kaya kandungan nitrogen, fosfat dan juga potasium (Laporan FAO).
Kandungan garam bisa menghambat dari pertumbuhan eceng gondok seperti yang biasa terjadi di danau-danau daerah pantai Afrika Barat, yang mana eceng gondok akan bertambah pada saat musim hujan dan akan berkurang di saat kandungan garam mulai naik yakni pada musim kemarau

Walau eceng gondok sering dianggap sebagai tanaman gulma pada perairan, namun sebenarnya ia berperan penting dalam menangkap polutan logam berat, Selain bisa menyerap logam berat, eceng gondok diketahui juga dapat menyerap residu pestisida.

KANDUNGAN ZAT TANAMAN ECENG GONDOK

Eceng gondok memiliki kandungan Senyawa kimia yakni natrium(Na), kalsium(Ca), kalium(K), ferum, magnesium(Mg), kloridaCl), dan pada akarnya memiliki kandungan senyawa fosfat dan sulfat.
Pada akarnya ada senyawa sulfate dan juga fosfat. Daunnya cukup kaya senyawa carotin dan bunganya memiliki kandungan delphinidin-3-diglucosida.

Yang menarik lainnya :

Nah sobat, demikianlah ulasan kita kali ini tentang Manfaat dan Khasiat Tanaman Eceng Gondok serta Cirinya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam.

advertisement