Manfaat dan Khasiat Binahong serta Ciri-cirinya

advertisement

Manfaat dan Khasiat Binahong serta Ciri-cirinyaTanaman binahong merupakan tanaman obat yang sudah terkenal untuk menyembuhkan penyakit asam urat, tanaman ini tumbuh secara menjalar dan umum berumur panjang, tumbuh pada dataran rendah atau dataran tinggi dan memiliki banyak manfaat dalam meyembuhkan beragam macam penyakit ringan ataupun berat, konon katanya tanaman binahong ini asalnya dari negeri korea.

Berikut ini merupakan ciri-ciri dari tanaman binahong, khasiat dan juga manfaat juga klasifikasinya

MANFAAT dan KHASIAT BINAHONG

Daun binahong memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya ialah daun binahong bisa dimanfaatkan untuk darah tinggi, daun binahong digunakan sebagai obat maag, daun binahong untuk menyembuhkan gagal ginjal, daun binahong untuk obat luka bakar, daun binahong bias digunakan sebagai obat penurun panas, daun binahong sebagai penurun kolesterol, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan Resep Obat Tanaman Binahong

Daun Binahong untuk Penyembuh Luka

Caranya, tumbuklah daun binahong atau dengan dihaluskan secukupnya, Oleskanlah ke bagian tubuh yang bengkak maupun luka secara merata, Lakukanlah selama luka masih dalam kondisi basah.

Daun Binahong untuk Penghilang Jerawat

Caranya, Ambillah 5 atau lebih daun binahong kemudian tumbuk hingga hancur, oleskanlah pada bagian jerawat secara teratur, Lebih baik bila Anda terapkan pada waktu malam hari sebelum tidur.

Daun Binahong sebagai obat Diabetes

Ambillah kurang lebih 11 lembar daun binahong, lalu rebus, kemudian minum rebusan airnya setiap hari

Daun Binahong sebagai Obat Wasir atau Ambeien

Sediakanlah 16 lembar daun binahong serta 3 gelas air, rebuslah hingga mendidih dan hanya tersisa 2 gelas saja, Minumlah air rebusan daun binahong ini sebanyak sekali sehari.

Daun Binahong digunakan untuk Obat Luar

Untuk pemakaian sebagai obat luar, caranya daun dan batang ditumbuk hingga halus lalu oleskan pada bagian yang terasa sakit, ramuan ini akan menyembuhkan memar karena benturan, pegal linu, rematik, sakit otot maupun dapat pula digunakan untuk menjaga kesehatan wajah.

Yang bermanfaat lainnya:

CIRI-CIRI TANAMAN BINAHONG

Jenis BATANG ; Batang lunak, bentuk silindris, berwarna merah, saling membelit, bagian dalam solid, permukaannya halus, kadangkala membentuk semacam umbi yang melekat pada ketiak daun dengan bentuk yang tak beraturan dan juga bertekstur kasar.

Jenis DAUN ; Ciri daun binahong yakni jenis Daun tunggal, memiliki tangkai yang sangat pendek (subsessile), tersusun secara berseling, warna hijau, bentuk jantung (cordata), panjangnya 5 hingga 10 cm, lebarnya 3 hingga 7 cm, helaian daun bentuk tipis lemas, ujungnya runcing, pangkalnya berlekuk (emerginatus), tepian rata, dengan permukaan licin, dan dapat dimakan.

BUNGA ; Bunganya majemuk dengan bentuk tandan, tangkainya panjang, muncul di bagian ketiak daun, mahkotanya berwarna krem keputih-putihan dengan jumlah lima helai tak berlekatan, panjangnya helai mahkota sekitar 0,5 sampai 1 cm, dengan bau harum.

AKAR ; Akarnya berbentuk rimpang, Perbanyakan dengan cara Generatif (biji), akan tetapi lebih sering dikembangbiakan dengan cara vegetatif yakni melalui akar rimpangnya.

KANDUNGAN ZAT TANAMAN BINAHONG

Menurut sebuah pelitian terbaru bahwa daun binahong ini memiliki kandungan zat antioksidan, alkoloid, saponin, flavonoid, dan juga jenis senyawa lainnya.

advertisement