Manfaat & Khasiat buah kersen atau keres beleci untuk kesehatan

advertisement

Manfaat kersen keres untuk kesehatan – Buah kersen atau buah keres, beleci, buah ini memang kurang populer dan kalah populer dengan stroberi, cherry maupun buah lainnya. Buah yang bernama latin Muntingia calabura umumnya terdapat di Indonesia ini dikenal dengan nama Kersen, keres, beleci atau Talok. Bila buahnya sudah matang maka warnanya akan memerah (sebelumnya hijau) dan berasa manis.

Seorang peneliti bernama Julia F. Morton mengatakan dalam bukunya dengan judul “Fruits of Warm Climates”, kandungan senyawa yang terdapat dalam buah kersen sangatlah penting dan baik bagi kesehatan.

Uniknya buah ini juga punya berbagai nama di setiap wilayah yang ada di Indonesia seperti seri, ceri, talok dan kersen sendiri. Buah ini ukurannya cukup kecil dengan tekstur di dalamnya berbutir-butir yang menyerupai pasir. Kersen yang telah matang ditandai dengan perubahan warna dari hijau ke warna kekuningan kemudian merah, serta bila ditekan akan terasa lebih empuk.

Kandungan  kimia yang ada dalam buah kersen diantaranya vitamin, mineral, zat besi, niacin, riboflavin, lemak, beta-karoten, fosfor, serat, kalsium, thianin, karbohidrat, protein, dan masih banyak lagi kandungan lain yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Dibalik rasanya yang manis dan ukuran mini buah kersen, rupanya tersimpan manfaat besar bagi tubuh kita. Berikut diantaranya beberapa manfaat dan khasiat dari buah kersen keres.

Manfaat & Khasiat buah kersen atau keres beleci untuk kesehatan

Manfaat buah kersen keres beleci untuk kesehatan

Manfaat & Khasiat buah kersen atau keres beleci untuk kesehatan

Zat Antioksidan

Selain sebagai zat antibakteri, kersen juga punya kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa ini punya peran untuk menguatkan sistem pertahanan tubuh dan juga menangkal zat radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

 

Zat Antibakteri

Sifat antibakteri yang terdapat pada buah kersen bermanfaat bagi tubuh manusia. Dengan cara mengkonsumsi kersen, tubuh akan lebih kebal dari berbagai serangan bakteri jahat yang menjadi penyebab penyakit. Hal yang sama juga telah diungkapkan oleh peneliti.

 

Zat Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Selain itu pula rebusan tersebut juga dapat menurunkan demam.

 

Antiseptik

Daun kersen juga bisa kita manfaatkan. Yaitu dengan cara direbus. Air rebusannya mampu membunuh bakteri atau mikroorganisme lain sehingga daun kersen bisa dipakai sebagai zat antiseptik. Bakteri yang terbunuh oleh daun kersen diantaranya S. Aureus, C. Diphtheriae, S. Epidermis, P. Vulgaris, serta K. Rhizophil. Sifat antiseptik ini diperoleh dari kandungan daun kersen yaitu flavonoid, saponin dan tanin.

gambar daun buah kersen

gambar daun buah kersen

Obat untuk asam urat

Di Indonesia, tak jarang buah kersen dipakai sebagai obat asam urat. Karena buah kersen diketahui mampu mengurangi sakit yang diakibatkan oleh penyakit asam urat.

 

Zat Pencegah tumor

Daun kersen juga dipercaya mampu mencegah tumbuhnya tumor. Zat Flavonoid yang terdapat dalam daun kersen diketahui mampu menjadi penghambat terjadinya pertumbuhan sel tumor.

 

 

Mengatasi Kram perut

Tak hanya buah dan daunnya, rupanya bunga kersen juga bisa dimanfaatkan. yaitu sebagai antiseptik dan juga untuk mengatasi kram perut. Cara mengolahnya cukup mudah yakni dengan merebus bunganya kemudian meminum airnya.

 

Melindungi Jantung

Ekstrak daun kersen sudah terbukti mampu melindungi miokardium yang mengakibatkan penurunan signifikan pada pembatas kebocoran enzim.

 

Kandungan vitamin C yang cukup

Sebuah Penelitian mengemukakan bahwa seratus gram buah kersen setara dengan 150 mg vitamin C. Maka dengan kandungan vitamin C ini, maka akan mampu mencegah penyakit flu dan pilek.

 

gambar bunga tanaman kersen

gambar bunga tanaman kersen

Zat Anti kanker

Sebuah studi mengemukakan bahwa terdapat sifat anti kanker pada pohon kersen. Hal ini dikarenakan oleh kandungan flavonoid sitotoksik baru yang ada di dalam akar pohon kersen.

 

Pereda sakit kepala

Sebagian orang yakin bahwa kandungan alami dalam buah kersen mampu melancarkan aliran darah pada bagian kepala yang akan berdampak untuk meredakan sakit kepala.

 

Nah sobat sehat, rupanya banyak sekali manfaat khasiat dalam buah kersen bagi kesehatan manusia. Andapun dapat mulai menanamnya di halaman atau belakang rumah karena pohon kersen ini juga punya daun yang rimbun sehingga akan membuat rumah anda terasa lebih sejuk dan kaya oksigen. Tentunya anda pun bisa menikmati si kecil merah manis kersen yang kaya manfaat.

Penanamannya juga cukup mudah dan tak memerlukan perawatan khusus karena memang pada dasarnya pohon kersen keres ini termasuk pohon tropis dan biasa tumbuh liar di berbagai daratan di Indonesia.

Demikianlah ulasan kami tentang manfaat buah kersen atau keres beleci, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Salam sehat

advertisement