Manfaat dan Khasiat Dlingo (Jeringau) serta Ciri-cirinya

advertisement

Manfaat dan Khasiat Dlingo – Jeringau atau biasa disebut pula Dlingo ini telah lama digunakan sebagai bahan baku obat terutama dari bagian akar rimpangnya, akar rimpang Jeringau memiliki aroma kuat dan biasa dipakai sebagai bahan baku pembuatan parfum, atau pengganti jahe dalam masakan.
Selengkapnya tentang tanaman dlingo ini bisa anda simak berikut ini.

CIRI-CIRI TANAMAN DLINGO

Bagian Batangnya berbentuk pendek bentuk rimpang. Daunnya jenis tunggal bentuk lanset. Pertulangan sejajar. Panjangnya sekitar 60 cm, lebarnya ± 5 cm. memiliki bunga majemuk, berbentuk bongkol, ujungnya meruncing, panjangnya 20-25 cm, pada ketiak daun, tangkai sari panjangnya ± 2,75 mm, kepala sari panjangnya ± 2,75 mm, kepala sari memiliki panjang 0,5 mm, putiknya 1-1,5 m, kepala putik bentuk meruncing, panjangnya ± 0,5 mahkota bulat panjang, memiliki panjang 1-1,5 mm.

DESKRIPSI tentang TANAMAN DLINGO

Jeringau (Acorus calamus) merupakan nama lain dari dlingo ini, tumbuhan terna yang rimpangnya bisa dijadikan bahan obat-obatan. Tumbuhan ini bentuknya mirip rumput, namun tinggi, menyukai daerah tanah basah dengan daun dan rimpang yang memiliki aroma kuat.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari India yang menyebar ke penjuru dunia lewat perdagangan rempah-rempah.

Tanaman Dlingo adalah tanaman sejenis rumput yang umumnya tumbuh di daerah yang banyak airnya seperti di kawasan sawah maupun rawa-rawa.

Dalam bahasa Ibrani, jeringau/dlingo biasa disebut qaneh besem, yakni semacam tangkai maupun alang-alang yang termasuk tumbuhan aromatik. Jeringau ini umumnya dipakai sebagai minyak urapan dalam sebuah upacara ritual: Penahbisan imam dan juga Penahbisan raja (contohnya seperti Daud dan Salomo)

Jeringau umumnya dipakai oleh orang Banjar sebagai penghalau kuyang dan juga pengusir roh-roh jahat. Jeringau juga dipakai sebagai pewarna merah pada sebuah ritual Mangkok Merah.

KANDUNGAN ZAT TANAMAN DLINGO

Rimpang dan daun dlingo (acorus calamus) memiliki kandungan saponin dan flavonoida, di samping rimpangnya memiliki kandungan minyak atsiri.

MANFAAT dan Khasiat DLINGO

Dlingo punya banyak manfaat sekali antara lain yakni sebagai obat penenang, obat limpa, obat lambung, dan juga sebagai bahan baku dalam kosmetika.

Rimpang dlingo bermanfaat sebagai obat penenang, obat limpa, obat lambung, bahan baku kosmetik, insektisida, demam nifas, antijamur, antisekretori, sitoprotektif, antikonvulsan, antihepatotoksik, antibakteri, anthelmintik, antidiare, anticellular, immunosuppressive, antiulkus, antioksidan, dan allelopathic

Dalam penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa rimpang dlingo memiliki aktivitas sebagai antibakteri, antijamur dan juga insektisida.
Berdasarkan sebuah penelitian terakhir ini ditemukan bahwa senyawa yang terdapat dalam minyak atsiri rimpang dlingo yang kemungkinan kuat memiliki aktivitas antijamur.

Baca Juga:

Cara Meramu Obat Dengan Bahan Dlingo
1. Berbentuk Cairan Minum
Ambillah Rimpang dlingo sekitar sebesar telur ayam kampung atau sepanjang 7 cm, cucilah hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil, rebuslah dalam panci dengan menggunakan 2 (dua) gelas air, kemudian dididihkan selama kurang lebih 15 menit, langkah terakhir minumlah setengah gelas pada pagi dan sore hari
2. Cairan Semprot (Insektisida)
Tumbuklah daun maupun umbi kemudian direndam dalam air dengan konsentrasi 25 hingga 50 gram/l selama 24 jam.
Larutan hasil perendaman tadi kemudian disaring agar supaya didapat larutan yang siap dipakai untuk penyemprotan.

Sekian ulasan kami tentang Manfaat dan Khasiat Dlingo (Jeringau) serta Ciri-cirinya, semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam sehat

advertisement