Manfaat Khasiat Bunga Kenanga dan Cara Membudidayakannya

Manfaat Bunga Kenanga – Bunga ini terkenal karena aromanya yang wangi semerbak. Selain itu pula bunga kenanga memiliki warna bunga yang sangat cantik, kombinasi warna putih kekuningan menjadikan bunga ini semakin indah dan nyaman dilihat. Tanaman ini punya nama latin cananga odorata, dan masuk dalam keluarga annonaceae dengan pertumbuhaanya yang cepat.

Selain dipakai sebagai tanaman hias, terdapat potensi untuk memperoleh keuntungan dengan membudidayakan bunga kenanga. Bunga ini banyak dicari untuk dipakai sebagai bahan pembuatan parfum, selain itu pula di kalangan masyarakat, bunga ini banyak sekali digunakan sebagai bunga tabur dan juga wewangian.

 

Cara Menanam Bunga Kenanga

Tahukah Anda bahwa buah kenanga yang ikut terambil saat memetik bunga ternyata dapat digunakan sebagai bibit. Cara ini mungkin tak banyak diketahui oleh para petani bunga, karena cuma sebagian kecil aja yang memakai cara ini. Kebanyakan memperoleh bibit dengan cara stek maupun cangkok dari tanaman yang telah berumur.

Pohon bunga kenanga dapat tumbuh mencapai ketinggian 20 m. Meski minim perawatan pohon yang ditanam dari biji tetang tetap rajin mengeluarkan bunga. Hal ini tentu beda jika bibit diperoleh dengan cara stek ataupun cangkok. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman kenangan ini berikut panduannya.

 

Pemilihan Lokasi Tanam

Tidak dapat dipungkiri bahwa lokasi tanam merupakan salah satu faktor penentu dalam hal budidaya tanaman. Begitu pula saat menanam bunga kenanga, lokasi tanam perlu diperhitungkan dengan sangat baik. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik jika ditanam di daerah ketinggian tidak lebih dari 500 meter dari permukaan laut.

Selain itu pula kondisi tanah juga perlu diperhatikan. Carilah tanah yang punya drainase yang baik dan tak mengandung lapisan cadas. Hal ini agar mendukung akar tanaman dapat masuk menembus ke dalam lapisan tanah. Bunga kenanga adalah tanaman yang suka iklim yang lembab dan panas.

 

Memilih Bibit Bunga Kenanga

Bibit bunga kenanga dapat diperoleh dengan beberapa cara diantaranya dengan cara stek batang, cangkok, maupun melalui biji tanaman. Artikel ini akan memakai pembibitan dengan biji tanaman. Pilihlah buah kenanga yang telah tua, cirinya ialah punya warna kulit yang telah menghitam. Masukkan semua biji tadi ke dalam karung lalu diamkan selama 5 hari.

Jika kulitnya sudah melunak maka Anda tinggal mengeluarkan bagian bijinya dengan memencetnya. Cucilah biji yang telah dikeluarkan dengan air hingga bersih lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan selama sehari semalam. Kemudian Anda dapat menyemaikan biji pada media semai yang dibuat dari campuran tanah dan juga pupuk organik dengan perbandingan 1:1. Lahan penyemaian perlu diletakan ditempat yang sejuk / teduh.

Siramlah benih tersebut setiap hari hingga sekitar satu minggu benih akan mulai tumbuh kecambah. Umumnya setelah berumur 6 bulan bibit akan mencapai ketinggian 30 cm, ini artinya bahwa bibit bunga kenanga sudah siap ditanam di ladang maupun media tanam lainnya.

 

Penanaman Bunga Kenanga

Alangkah baiknya penanaman bunga kenanga dilakukan saat awal musim hujan. Untuk lubang tanam sebaiknya telah dibuat 1 bulan sebelum masa tanam. Adapun ukuran lubang tanam 60 cm x 60 cm x 60 cm. Sedangkan untuk jarak tanam yang baik 8x 8 meter. Jarak ini untuk dapat mengantisipasi ketika pohon kenanga tadi tumbuh besar.

Jika Anda rajin memotong dan juga memangkas pohon jarak tanam dapat disesuaikan menjadi 6 x 6 meter. Sebelum mulai memasukan bibit ke lubang tanam maka sebaiknya lubang diisi dahulu dengan pupuk lalu bibit dimasukan. Jangan lupa untuk melepas plastik yang dipakai untuk menyemaikan bibit.

 

Manfaat Bunga Kenanga

Bunga ini memang memiliki banyak manfaat, tak heran jika banyak masyarakat yang menanam bunga kenanga di area pekarangan rumahnya. Utamanya bagi masyarakat Jawa bunga kenanga memiliki arti tersendiri, tak heran jika bunga ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat bunga kenanga yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

 

Bunga Kenanga untuk Aromaterapi

Kandungan minyak atsiri yang ada dalam bunga kenanga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alternatif untuk pembuatan parfum aroma terapi. Aroma yang dihasilkan bunga ini akan memberikan efek pada kinerja kelenjar adrenalin pada sistem syaraf.

Akhirnya aroma tadi akan memberi efek yang menimbulkan perasaan tenang, senang, dan dapat menghilangkan perasaan gelisah, panik, atau marah.

Baca Juga:

Bunga Kenanga untuk Bahan Lulur

Sudah sejak zaman dahulu bunga ini telah digunakan sebagai bahan untuk bahan perawatan kecantikan. Utamanya untuk kalangan bangsawan yang memakai bunga kenanga sebagai bahan perawatan tubuh seperti untuk bahan luluran dan juga masker wajah. Dengan menggunakan kandungan minyak yang terdapat dalam bunga ini akan memberi manfaat yang sangat baik untuk kulit. Salah satunya menjadikan kulit makin mulus, halus, kencang, dan cantik berseri.

 

Bunga Kenanga untuk Mencegah Bau Badan

Untuk Anda yang memiliki masalah dengan bau badan, maka tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan bunga kenanga. Caranya ialah menyiapkan sekitar 15 gram bunga kenanga, 600 cc air putih dan juga sedikit gula batu. Rebuslah ketiga bahan tadi hingga air mendidih dan cuma menyisakan sebagian saja. Setelah itu minumlah air rebusan tadi secara teratur.

 

Bunga Kenanga untuk Obat batuk

Batuk adalah penyakit yang seringkali menyerang saat terjadi pergantian musim. Meski tak berbahaya jika terkena batuk dan flu maka akan cukup menganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu Anda dapat mencoba mengobati penyakit tersebut dengan menggunakan bunga kenanga.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda cuma perlu merebus sekitar 15 gram bunga kenanga dengan air hingga mendidih. Lalu saring air rebusan tadi agar memisahkan dengan ampasnya. Minumlah air rebusan tersebut dengan teratur hingga batuk yang Anda derita sembuh.

 

Nah sobat sehat, demikianlah pembahasan kita tentang manfaat dan cara budidaya bunga kenanga. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Salam dan terima kasih.

 

advertisement