Manfaat & Khasiat Air Garam Untuk Lovebird dan Burung Kicau

Manfaat Air Garam Untuk Lovebird –┬áBeberapa waktu lalu, pernah terjadi pro dan kontra tentang pemberian air garam untuk burung Lovebird. Sebagian pecinta burung mania mendukung dengan penggunaan garam untuk mendongkrak stamina Lovebird. Akan tetapi, sebagian lagi beranggapan bahwa garam berbahaya bagi Lovebird.

So, mana yang benar? Air garam baik bagi burung Lovebird ataukah tidak? Sebelum kita menjawab fakta tentang manfaat air garam untuk Lovebird, marilah kita menengok pada negara tetangga yang telah terbiasa menggunakan garam dapur untuk burung peliharaan.

Di Eropa seringkali memberikan garam ke burung

Negara-negara di Eropa, penggemar burung seringkali memberikan garam untuk burung kicau peliharaannya. Dikutip dari Omkicau.com (29/9/2017) yang memberi informasi tentang penggemar burung di mancanegara, utamanya di Eropa yang sering memberi garam untuk burung peliharaannya.

 

Menurut para penduduk di Eropa yang memiliki hobi memelihara burung, manfaat garam ialah untuk membantu burung agar mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuhnya.

 

Seperti kita ketahui bersama, bahwa kandungan sodium atau natrium (Na) dan klorida (Cl) pada garam dapur tak cuma berfungsi untuk menambah citarasa makanan ataupun pakan burung, namun juga amat penting dalam mengatur keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh, juga melancarkan proses transmisi saraf dan juga kerja otot.

Baca juga: Manfaat gula merah untuk lovebird

Manfaat air garam untuk Lovebird

Selain itu pula, garam punya banyak manfaat yang baik bagi Lovebird. Manfaat ini cuma bisa dirasakan bila porsinya pas, tak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Perlu diketahui bahwa, pemberian garam ke Lovebird tak boleh dilakukan setiap hari, yakni hanya 1 sampai 2 kali seminggu.

 

Berikut ini manfaat garam untuk Lovebird:

Garam merupakan sumber mineral yang diperlukan Lovebird.

Burung Lovebird akan menjadi lebih aktif, tak mudah loyo maupun lesu.

Lovebird akan jadi lebih rajin berkicau.

Pemberian garam akan mengobati Lovebird yang lemas atau malas-malasan untuk berkicau.

Garam akan mengatasi masalah kebotakan pada burung Lovebird.

Air garam dapat menambah daya tahan burung Lovebird thd perubahan cuaca.

Garam juga dapat menstabilkan birahi pada Lovebird.

Adapun Cara penyajian ataupun pemberian garam pada Lovebird yang benar ialah bisa dilakukan dengan cara menambah sedikit garam pada pakan biji-bijian burung Lovebird.

Adapun Frekuensi pemberian garam cukup dengan 1 hingga 2 kali dalam seminggu dan porsinya cukup sedikit saja.

Air garam dapat dipakai untuk mencuci buah dan sayuran yang akan dikonsumsi burung Lovebird. Selain untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida, air garam yang menempel ataupun telah meresap pada buah dan sayur akan ikut dikonsumsi burung Lovebird. Adapun proses pencucian memakai air garam cukup 5 hingga 10 menit aja.

Mencampurkan sedikit garam ke dalam cepuk air minum burung Lovebird. Lovebird Ratu Melinda pun mengkonsumsi air garam, namun hanya H-1 sebelum lomba. Terlebih lagi, bila Lovebird Ratu Melinda agak lumayan over birahi, pasti akan langsung diberi sedikit air garam agar supaya birahinya stabil.

Mencampurkan 1 sendok teh garam bersama dengan 1 Kg milet. Caranya ialah, sesudah milet dibilas 3 kali, lalu campurkan 1 sendok teh garam dalam milet. Lalu, tambahkan pula segelas air minum kemudian aduklah sampai merata. Lalu diamkan selama 5 menit dan tiriskan. Setelah itu, jemur milet hingga kering. Setelah penjemuran, Anda dapat langsung memberikan ke Lovebird ataupun disangrai dahulu.

Itulah tadi tentang tata cara pemberian garam ke Lovebird yang benar. Anda juga perlu waspada karena bila porsi pemberiannya salah, maka burung Lovebird akan mati. Seperti beberapa pengalaman yang dialami oleh para Lovebird mania.

Baca juga : Manfaat jahe untuk lovebird

Cara pemberian garam ke Lovebird yang salah

Mereka lovebird mania memberikan garam setiap hari, walau porsinya hanya sedikit kalau diberikan setiap hari maka tubuh Lovebird tak kan kuat dan akhirnya mati. Lovebird tak dapat mencerna kelebihan garam dengan maksimal hingga mengganggu ginjal dan juga sistem saraf.

 

Ada pula kicau mania yang mencampurkan garam dengan air jeruk nipis. Katanya, tak sampai 2 menit Lovebird miliknya pun langsung mati. Perlu diketahui bahwa, kandungan asam yang ada pada air jeruk nipis dan garam amat tinggi, lalu dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan, maka pastinya Lovebird mati.

 

Jadi intinya, porsi pemberian garam pada burung Lovebird haruslah tepat agar Lovebird memperoleh manfaatnya. Jika terburu buru dan memberi garam terlampau banyak, maka akan menyebabkan Lovebird mati.

 

Jadi kesimpulannya bahwa perawatan Lovebird dengan menggunakan tambahan garam perlu berhati-hati. Melakukan perawatan perlu sesuai dengan karakter Lovebird, ditambah pula dengan porsi dan waktu pemberian yang harus benar.

 

Beberapa pecinta burung mania telah merasakan manfaat garam untuk Lovebird miliknya, utamanya untuk Lovebird Paud atau Balibu. Menurutnya, ada yang sebulan bisa memperoleh 18 tropi dan 30 piagam. Bahkan, ada pula burung Lovebird berusia 3,5 bulan langsung dapat ngekek panjang sesudah mengkonsumsi garam selama dua hari.

 

Demikianlah penjelasan kita tentang manfaat garam untuk Lovebird lengkap dengan cara pemberiannya. Kami cuma memberi informasi dampak positif dan negatif tentang pemberian garam ke Lovebird. Dan selebihnya, hasil dan prosesnya menjadi tanggung jawab para lovebird mania sendiri.

Bila informasi ini dirasa bermanfaat, maka jangan lupa untuk like dan share ya. Terima kasih.

advertisement